Survey Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) Tahun 2018

Konsep Dasar
Ringkasan Hasil
Konsep Dasar

Anak : adalah seseorang yang berumur di bawah 18 tahun, sehingga kekerasan yang terjadi pada masa anak-anak ditujukan pada pengalaman kekerasan sebelum umur 18 tahun.

 

Keluarga : merupakan orang-orang yang umumnya paling dekat dekat dengan anak baik secara fisik maupun emosional, berperan penting untuk melindungi anak dari kekerasan dan memberi dukungan jika kekerasan terjadi.

 

Rumah Tangga : adalah seseorang atau sekelompok orang yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan dan biasanya tinggal bersama serta maka dari satu dapur.

 

Kekerasan Fisik : yaitu tindakan berupa menonjok, mengendang, mencambuk atau memukul dengan benda, mencekik, membekap, mencoba menenggelamkan, atau membakar, menggunakan atau mengancam dengan pisau atau senjata lain

 

Kekerasan emosional : yaitu tindakan yang dilakukan secara verbal oleh orang dewasa (orangtua, pengasuh, guru, atau orang dewasa lainnya). Mereka menyatakan bahwa tidak pantas disayangi, tidak mengharapkan anda dilahirkan atau mengharapkan mati saja. Menghina atau merendahkan misalnya dengan mengatakan bahwa anda bodoh dan tidak berguna.

 

Cyber bully yaitu perudungan melalui dunia maya berupa tindakan dari seseorang dengan mengirim pesan, post di wall atau facebook, email dan sms yang kejam, atau membuat website yang mengolok-olok: mengambil foto/video anda yang tidak pantas tanpa ijin dan menyebarkan secara online.

 

Kekerasan seksual : berupa tindakan eksploitasi seksual yaitu hubungan seks bertukar dengan makanan, jasa atau hadiah, dijanjikan atau telah menerima uang, barang, atau hadiah untuk melakukan hubungan seks.

 

Eksploitasi Seksual non-kontak : yaitu paksaan menonton atau menyaksikan tanpa berpartisipasi secara aktif. Memaksa untuk terlibat dalam gambar/foto atau video kegiatan seksual atau kekerasan seksual. Memaksa atau mengirim teks, gambar/foto, atau video kegiatan seksual yang ada keterlibatan di dalamnya.

 

Kekerasan seksual kontak : yaitu seseorang yang menyentuh/memegang secara seksual tanpa seizin namun tidak mencoba atau tidak memaksa untuk berhubungan seksual.

 

Kesehatan Jiwa : Merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak merasakan cemas, putus asa, gelisah atau resah, sedih sekali sehingga tak ada apapun yang bisa membuat gembira. Termasuk tidak berdaya, tidak berharga, ada keinginan untuk menyakiti diri sendiri dan keinginan untuk bunuh diri.

 

Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) 2018 : merupakan survei potong lintang berbasis rumah tangga yang mencakup sampel laki-laki dan perempuan usia 13-24 tahun. Survei ini dirancang untuk menghasilkan estimasi nasional kejadian kekerasan terhadap anak dan remaja. 

Ringkasan Hasil

NoDeskripsiRingkasan HasilSumber
1Prevalensi kekerasan Fisik, Emosional, dan Seksual pada Anak dan Remaja Tahun 2018Prevalensi Kekerasan Fisik, Emosional, dan Seksual Pada Anak dan Remaja Tahun 2018SNPHAR 2018
2Pelaku Kekerasan Fisik, Emosional dan Seksual Tahun 2018Pelaku Kekerasan Pada Anak dan Remaja Tahun 2018SNPHAR 2018
3Upaya Mencari Bantuan Setelah Kejadian Kekerasan Terhadap Anak dan Remaja Tahun 2018Upaya Mencari Bantuan setelah Kejadian Kekerasan Pada Anak dan Remaja Tahun 2018SNPHAR 2018
4Kekerasan dan Kesehatan Jiwa Terhadap Anak dan Remaja Tahun 2018Kekerasan dan Kesehatan Jiwa Pada Anak dan Remaja Tahun 2018SNPHAR 2018
5Lingkungan dan pengalaman Kekerasan Terhadap Anak dan Remaja Tahun 2018Lingkungan dan Pengalaman Kekerasan Pada Anak dan Remaja Tahun 2018SNPHAR 2018